PAKAN

Konsentrat Limah Pertanian

Popular Posts

Entri Populer

Rabu, 10 Desember 2014

LOMBA TERNAK
KAMBING SABURAI TINGKAT KABUPATEN TANGGAMUS-LAMPUNG
10 Desember 2014
Pekon Sidorejo, Kec. Sumberejo, Tanggamus-Lampung

Kambing saburai merupakan persilangan kambing jantan boer dengan betina etawa/jawarandu/rambon. Secara detail sedikit referensi yaitu https://www.facebook.com/notes/sosro-wardoyo/grading-up-persilangan-balik-kambing-boer/162933679299 dan https://www.facebook.com/notes/sosro-wardoyo/exspose-dasar-penentuan-standarisasi-kambing-saburai-lampung/10151443865929300 

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Kabupaten Tanggamus-Lampung. Out put dari acara ini adalah memotivasi peternak kecil binaan dalam rangka mendukung produk unggulan Kabupaten Tanggamus. Dalam kesempatan lomba ini yang di hadiri Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan juga memberikan semanngat dan merencanakan bagaimana produk unggulan ini bisa meningkatkan kesejahteraan peternak kambing di lingkup Kabupaten Tanggamus. Kategori yang di perlombakan yaitu 1). Pejantan Sabuarai, 2). Induk Saburai, 3). Calon Pejantan, 4). Calon Induk dan 5). Sapi PO jantan.
Foto 1
Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan & Manajer Koperasi MDIT
berpose bersama pejantan boer murni bernama BoPuspa (MendhoFarm) yang sudah berusia 7 tahun.
Partisipasi Koperasi Peternak Motivasi Do'a Ikhtiar Tawakkal (MDIT) ikut serta sebagai peserta dan menampilkan stand mini satu satunya sebagai stakeholder mitra Pemkab Tanggamus. Stand di tampilkan yaitu kambing boer murni, kambing saburau (boerawa), kandang besimulti fungsi sebagai angkutan dan kandang lomba atau pameran, pakan fermentasi "Mengubah Limbang Menjadi Daging", buku-buku berternak dari pengalaman pemberdayaan peternak kambing, obat ternak paket kecil, dan juga melakukan tindakan berbagi pengobatan gratis, perkawinan alami dengan pejantan boer murni bernama BoPuspa (Foto 1). Dalam kesempatan ini terjadi diskusi dengan bupati Tanggamus bahwa bagaimana meningkatkan produksi unggulan ini dan memberi dampak pada peningkatan kesejahteraan peternak yang memberikan solusi yaitu bahwa Pemda Tanggamus harus membeli semen beku dari BIB Singosari dan membuat UPT produksi boer dan jika memungkinkan memproduksi semen boer berkwalitas sendiri.

Pejantan unggul sabuarai dengan penampilan superior di raih oleh peternak dari Pekon Batu Keramat dengan warnaputih polos dan bobot mencapai 127 kg seperti dalam gambar berikut.


Jadikan Beternak Itu Menyenangkan

0 komentar:

Posting Komentar